Kamis, 13 Oktober 2011

Model OSI Layer

Pengertian OSI
Suatu jaringan komputer LAN Dibangun dengan memperhatikan arsitektur standar industry dunia. Standar jaringan yang saat ini diakui dunia adalah The Open System Connection atau OSI (The International Standard Organization ), amerika Serikat. Seluruh fungi kerja jaringan computer dan komunikasi antarterminal diatur dalam standar ini.

OSI adalah suatu standar komunnnnikasi antarmesin yang terdiri atas 7 lapisain, ketujuh lapisan tersebut mempunyai peran dan fungsi yang berbeda satu terhadap yang lain. Setiap layer bertanggung jawab secara khusu pada proses komunikasi data. Misal, satu layer bertanggung jawab untuk membentuk koneksi antar perangkat, sementara layer lainnya bertanggung jawab untuk mengoreksi terjadinya “error” selama proes transfer data berlangsung .
Model layer OSI dibagi dalam dua group: “upper layer” dan “lower layer”. “upper layer” focus pada aplikasi pengguna dan bagaimana file direpresentasikan di computer. Untuk Betwork Engineer, bagian utama yang menjadi perhatiannya adalah pada “lower layer “ .lower layer adalah intisari komunikasi dan melalui jaringan actual.
Model OSI
Tujuan utama pengguna model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap - tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data, termasuk jenis-jenis protocol jaringan dan metode transmisi. Model dibagi manjadi 7 layer, dengan karaktersitik dengan layer diatasnya maupun dibawahnya secara langsung melalui serentetan protocol dan standard.


Upper Layer
· Application
· Presentation
· Sesion


Lower Layer
· Transport
· Network
· Data Link
· Physical



Lower Layer
Lapisan -1 :physical

Lapisan terendah ni mengatur sinkronisasi pegiriman dan penerimaan data, spesifikasi mekanik, elektrik dan interface antar terminal, seperti besar tegangan, frekuensi, impedansi, koneksi pin dan jenis kabel.
Layer ini berfngsi juga untuk mendefinisikan media transmisi jaringan,arsitektur jaringan (seperti halnya Eherne atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan,selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Networl Interface Card (NIC) dapat berinteraksi denganmedia kabel atau radio.


Lapisan -2: Data Link
Pada lapisan ini data diubah dalam bentuk paket, sinkronisasi paket paket yang di kirim maupun yang diterima menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada levelini terjadi koreksi kesalahan, flow control , pengalamtan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE802, membagi levelini manjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Acces Control (MAC).


Lapisan -3: Nwetork
Lapisan ini menentukan rute pengiriman danmengendalikan kemacetan (mendefinisikan alamat-alamat IP),membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internet working dengan menggunakan router dan switch layer-3.
Agar data sampai ditempat dengan benar.


Lapisan -4: Transport
Lapisan ini mengatur keutuhan data, menerima data dari lapisan session dan meneruskannya ke lapisan Network. Lapisan ini berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentrasmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang di tengah jalan.


Upper Layer
Lapisan -5 :Session

Lapisan ini menyiapkan saluran komunikasi dan terminal dalam hubungan antar terminal, mengoordinasikan proses pengiriman dan penerimaan serta mengatur pertukaran data.

Lapisan -6 :Presentation
Pada lapisan ini ilakukan konversi data agar data yang dilakukan dapat dimengerti oleh penerima, kompresi teks dan penyedian data.
Protocol yang berada dalam level inin adalah perangkat lunak redirector (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam windows NT)dan juga Network Shell(semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Dekstop Protocol (RDP))

Lapisan -7 :Aplication
Lapisan paling tinggi ini mengatur interaksi pengguna computer dengan program aplikasi yng dipakai. Lapisan ini juga mengatur bgaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protocol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.


Ketika data ditransfer melalui jaringan, maka data sebelumnya harus melewati ke-tujuh layer dari satu terminal,mulai dari layer aplikasi sampai physical layer, kemudian di sisi penerima,data tersebut juga melewati layer physical sampai aplikasi. Pada saat data melewati sat kayer dari sisi pengirim, maka akan ditambahkan satu “header” sedangkan pada sisi penerima “header” dicopot sesuai dengan layernya.

0 komentar:

Posting Komentar

1. Do not forget to comment
2. and comments are both good, yes
3. and hopefully your comments useful to us all

 

Copyright © 2010 Smk Telkom Surabaya