Sabtu, 08 Oktober 2011

Cara Menggunakan Pen Tool pada Photoshop

apple simple for couple
Kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial dasar tentang bagaimana cara menggunakan Pen tool untuk menggambar objek pada Photoshop. Pen tool berfungsi sebagai alat yang memudahkan kita untuk membuat atau memodifikasi suatu objek. Mari kita mulai menggambar! Hehe..
Seperti biasa, pertama-tama buka Lembar Kerja Baru (ctrl+N).
cara pakai pen tool

Kemudian pilih Pen Tool yang ada pada tool box disebelah kiri (lihat gambar). Jangan lupa untuk memilih Path dan mencentang Auto Add/delete pada Options bar.
cara menggunakan pen tool
Saya akan memberikan contoh untuk membuat suatu gambar. Disini saya akan menggambar logo Apple secara sederhana. Sebelumnya buat dulu Layer baru dengan cara pilih menu Layer klik New > layer.
Jika sudah, klik titik awal yang saya lingkari sampai terbentuk 5 titik seperti ini. Dan berakhir pada titik yang pertama.
cara menggunakan pen tool

Untuk menambah lengkungan pada Path, anda bisa menggunakan Add Anchor Point tool. Agar gambar terlihat seperti ini.
logo apple dengan pen tool

Untuk memberi warna, klik kanan path dan pilih fill path pada kolom PATHS disebelah CHANNEL dan LAYERS. Kemudian akan muncul kotak seperti ini, pada Contents pilih color untuk memberi warna objek yang kita buat tadi. Disini saya beri warna merah.
cara menggunakan pen tool untuk apple

Jika sudah, Copy layer Yang tadi dan ubah posisi layer 1 copy menjadi horizontall dengan cara transform (ctrl+T) kemudian klik kanan pada objek pilih horizontal.
layer pen tool appleapple pen tool

Setelah itu kita bisa menambahkan daun dengan cara yang sama (menggunakan Pen tool).
apple dengan pen tool
Dan cara yang sama juga untuk memberi warna pada objeknya .
apple simple with pen tool
Kemudian hapus sedikit layer 1 copy dengan menggunakan eraser tool dengan ukuran yang sesuai agar terlihat seperti logo apple (lihat gambar)
apple photoshop black
Kita telah membuat logo apple dengan menggunakan Pen tool dan sedikit bantuan dari tool-tool yang lainnya, betul? Hehe.. Inilah hasil akhir dari cara menggunakan Pen tool untuk membuat objek. Anda bisa mengkreasikannya lagi dengan blending options (akan dibahas di tutorial berikutnya).
apple simple for couple

0 komentar:

Posting Komentar

1. Do not forget to comment
2. and comments are both good, yes
3. and hopefully your comments useful to us all

 

Copyright © 2010 Smk Telkom Surabaya